Niat dan Doa Berbuka Puasa 1444 Hijriah

Dalam rangka menyambut bulan puasa 2023 yang semakin dekat, umat Islam perlu kembali mengingat niat dan doa berbuka puasa agar dapat dilafalkan dengan lancar. 

Niat berbuka puasa dan doa berbuka puasa sama-sama penting untuk dilafalkan dan dipahami dengan baik dan benar. Pelafalan niat berpuasa menunjukkan kesungguhan untuk berpuasa. Tanpa niat berbuka puasa, maka ibadah puasa akan jadi sia-sia. 

Sementara doa berbuka puasa adalah bentuk ucapan syukur kepada Allah Swt. atas segala nikmat yang dilimpahkan-Nya, termasuk hidangan yang disajikan. Selain itu, membaca doa berbuka puasa merupakan salah satu adab sunnah di dalam puasa.

Niat Berbuka Puasa  

Niat berbuka puasa Ramadhan pada dasarnya sama saja dengan doa buka puasa, yaitu: 

“Allahuma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.”

Artinya:

“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu Wahai Yang Maha Pengasih dan Penyayang.” 

Doa berbuka puasa sunnah dapat dibaca setelah pertama kali membatalkan puasa dengan air, kurma, atau semacamnya. Namun, bisa juga dibaca sebelum berbuka. 

Niat Berpuasa

Sementara niat untuk berpuasa adalah niat yang dilafalkan setiap malam sebelum hendak berpuasa pada keesokan harinya. Berikut adalah niat yang wajib dilafalkan sebelum berpuasa: 

“Ramadhani hadzihissanati lillahita’ala.” 

Artinya: 

“Saya berniat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Berbuka Puasa 

Saat hendak berbuka puasa, dianjurkan untuk memakan buah kurma terlebih dahulu. Hal ini tertuang di dalam hadist yang berbunyi demikian: 

“Rasulullah SAW biasa berbuka dengan menyantap beberapa butir ruthab (kurma yang masih basah) sebelum salat. Jika tidak ada maka dengan beberapa butir tamar (kurma kering). Dan jika memang tidak ada, maka dengan meminum beberapa hirup air.” (HR. Abu Daud, al-Hakim, dan ad-Daruquthni). 

Namun, tak perlu khawatir apabila Sobat Sokmo tidak memiliki kurma. Jika memang demikian, maka silakan buka puasa dengan minum air mineral.          

Akhir Kata 

Yuk, catat dan ingat kedua doa puasa di atas dengan baik agar puasa tahun 2023 mendatang bisa berjalan dengan lancar.