Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf adalah kualifikasi Piala Dunia zona Amerika untuk tim nasional dari Amerika Serikat, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia. 

Jadwal kualifikasi Piala Dunia Zona Concacaf telah berlangsung sejak 24 Maret 2021-30 Maret 2022 lalu. Dari total 34 tim yang bertanding, hanya 3,5 tim dari Concacaf yang bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.      

Piala Dunia 2022 Zona Concacaf

Concacaf adalah singkatan dari Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football. Kualifikasi Piala Dunia kali ini diikuti oleh 34 tim dengan total 118 pertandingan. 

Cyle Larin dari Kanada berhasil menjadi top scorer (pencetak gol terbang) di kualifikasi Concacaf kali ini dengan total 13 gol. Pemain berusia 27 tahun ini sudah bergabung bersama timnas Kanada sejak berusia 20 tahun, tepatnya timnas Kanada U20.      

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf

Kanada berhasil menempati posisi teratas dari klasemen kualifikasi zona Concacaf dengan perolehan 28 poin dan kemenangan selisih gol dari Meksiko. Di bawahnya, ada Meksiko dengan perolehan poin yang sama. 

Kemudian, menyusul Amerika Serikat dan Kosta Rika dengan perolehan 25 poin. Meskipun kalah pada pertandingan akhir melawan Kosta Rika, tetapi Amerika Serikat mengantongi jumlah gol yang lebih banyak. Hal itu memastikan posisi The Yank di tempat ketiga dari klasemen kualifikasi zona Concacaf.   

Dengan begitu, Kosta Rika yang berada di posisi keempat harus bertanding dengan tim dari konfederasi lain, yaitu Selandia Baru. Keduanya memperebutkan 1 tiket ke putaran final (fase penyisihan grup) Piala Dunia 2022.  

Los Ticos akhirnya berhasil menang tipis atas wakil dari zona Oceania tersebut dengan skor 1-0. Hal ini membuat Bryan Ruiz menyusul Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat ke fase penyisihan grup. 

Kanada berada di grup F bersama Kroasia, Belgia, dan Maroko. Meksiko berada di grup C bersama Argentina, Arab Saudi, dan Polandia. 

Amerika berada di grup B bersama Inggris, Iran, dan Wales. Sementara Kosta Rika terlempar ke grup neraka, yaitu grup E, bersama Jerman, Jepang, dan Spanyol. 

Akhir Kata 

Nah, itulah keempat tim yang lolos dari zona Concacaf ke FIFA World Cup 2022. Apakah tim favorit Sobat Sokmo lolos?