Niat Puasa Weton Kelahiran dan Tata Caranya

Puasa weton adalah puasa yang dijalankan masyarakat Jawa yang memegang teguh ajaran Kejawen. Sebelum menjalankannya, penting untuk melafalkan niat puasa weton kelahiran. 

Puasa ini dilakukan pada weton kelahiran atau hari pasaran lahir seseorang. Tujuannya adalah untuk meminta sesuatu, termasuk rezeki atau rejeki, kesehatan, dan jodoh. Maka dari itu, niat puasa hari lahir ini sering disebut sebagai niat puasa weton untuk rejeki. Simak pengertian, niat puasa hari kelahiran, arti, dan tata cara selengkapnya di bawah ini.   

Baca juga: Berapa Hari Lagi Puasa 2023?

Pengertian Puasa Weton 

Puasa weton atau yang dikenal juga sebagai puasa hari kelahiran adalah puasa yang dijalankan seseorang pada hari kelahiran atau hari pasaran lahirnya. 

Niat puasa weton sendiri ada di dalam ajaran dan kepercayaan Kejawen, sehingga dilaksanakan berdasarkan kalender Jawa. Sebagai contoh, jika Sobat Sokmo lahir pada hari Selasa dengan pasaran Legi, maka lafalkan niat puasa kelahiran dan jalankan puasa weton setiap hari Selasa Legi. 

Menurut Primbon Jawa, niat puasa hari kelahiran diri sendiri ini dilafalkan dan dijalankan saat hendak memohon sesuatu kepada Tuhan.   

Jenis Puasa Weton 

Puasa weton terbagi atas 2 jenis puasa, yakni: 

1. Puasa 1 Hari Penuh 

Sesuai namanya, puasa weton ini dijalankan seseorang selama satu hari penuh (24 jam) dan dimulai sehari sebelum hari kelahirannya.  

2. Puasa 3 Hari

Selanjutnya, ada puasa tiga hari, yang diyakini kepercayaan Kejawen sebagai puasa apit weton. Sedikit berbeda dengan jenis puasa lainnya, puasa ini dijalankan selama 3 hari. 

Adapun puasa 3 hari dimulai seseorang sehari sebelum sampai satu hari usai hari kelahirannya. Orang yang berpuasa tidak boleh makan dan minum selama 3 hari. 

Bacaan Niat Puasa di Hari Kelahiran 

Inilah doa niat puasa kelahiran yang harus dilafalkan sebelum berpuasa weton: 

“Niat Ingsun pasa ing dina kelahiran tanpa mangan tanpa ngombe kangge (sebutkan hajat/keinginan) kerono Allah Ta’ala.” 

Arti niat puasa hari kelahiran sendiri di dalam bahasa Indonesia: 

“Aku niat berpuasa pada hari kelahiran untuk mendapatkan (sebutkan hajat) karena Allah Ta’ala.”

Niat puasa 1 hari penuh dan niat puasa ngapit weton sama saja, sesuai dengan yang tertera di atas. Niat puasa hari lahir Jumat, niat puasa hari lahir Sabtu, niat puasa hari lahir Minggu, dan hari lainnya juga sama dengan niat di atas. 

Tata Cara Puasa Weton 

Seperti puasa lainnya, puasa weton juga memiliki beberapa tata cara yang harus dilaksanakan, yakni: 

  • Melafalkan bacaan niat puasa hari lahir dengan benar. 
  • Sebelum berpuasa, sebaiknya mandi kembang 7 rupa dengan menyiramnya dari atas kepala sampai ke ujung kaki. 
  • Menyantap sahur sebelum fajar.  
  • Berpuasa sejak fajar sampai magrib.   
  • Bagi umat Islam, melakukan salat sunnah 2 rakaat sebelum Subuh.     
  • Menjaga wudu sepanjang hari dan melakukannya kembali jika batal.  
  • Menyiapkan 7 jajanan pasar, bubur merah putih untuk berbuka puasa. 
  • Khusus puasa 1 hari penuh, dijalankan selama 24 jam. 

Akhir Kata 

Demikianlah niat puasa tanggal lahir alias weton dan tata caranya di dalam kepercayaan Kejawen. Sobat Sokmo bisa melafalkan niat puasa weton untuk kesuksesan, kesehatan, rezeki, pasangan hidup, dan lain sebagainya.